Friday, February 10, 2017

Penyebab Umum Terjadinya Sakit Pinggang

Penyebab Umum Terjadinya Sakit Pinggang - Sakit pinggang dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Faktor ini termasuk masalah struktur punggung, peradangan, cedera otot dan jaringan lunak, respon sekunder untuk penyakit atau kondisi lain, ketidakseimbangan dalam mekanika tubuh, dan faktor psikologis atau sosial. 

Sakit pinggang adalah salah satu alasan paling umum masyarakat untuk mengunjungi dokter. Kebanyakan orang akan mengalami sakit pinggang setidaknya sekali dalam kehidupan mereka. Sakit pinggang terdengar sepele, namun efeknya sangat serius dan bisa menyebabkan kerusakan pada struktur tulang dan rasa sakit yang amat sangat.

Punggung bawah (pinggang) terdiri dari tulang belakang, otot, dan ligamen. Tulang belakang berisi cakram intervertebralis, semacam bantal yang terbuat dari tulang rawan yang cocok antara dua tulang belakang (segmen tulang). Cedera atau penyakit pada otot, ligamen, atau cakram dari punggung bawah dapat menyebabkan sakit pinggang.

Risiko sakit pinggang lebih tinggi untuk orang-orang yang kelebihan berat badan, memiliki postur tubuh yang buruk, atau memiliki otot punggung dan perut yang lemah. Selain itu, ada beberapa faktor risiko dan penyebab terjadinya sakit pinggang, yang diantaranya adalah:

Ketegangan Pada Otot: Penyebab utama dari sakit pinggang akut ( sekitar 70%) adalah ketegangan otot. Hampir semua orang yang mengalami sakit pinggang dilatarbelakangi oleh masalah ini.

Osteoarthritis: Osteoarthritis adalah suatu kondisi di mana tulang rawan atau sendi bergerak dari tulang belakang yang rusak. Tidak jarang penyakit sendi ini menyebabkan sakit pinggang.

Spinal Stenosis: Kondisi ini mengacu pada penyempitan kanal tulang belakang. Ada berbagai penyebab. Penyebab paling umum adalah kombinasi dari penyakit degeneratif tulang belakang seperti osteoarthritis.

Penyakit Discogenic Disk: Penyakit Disk dapat menyumbang sekitar 10% dari kasus sakit pinggang.

Spondylolisthesis: Spondylolisthesis adalah suatu kondisi di mana satu vertebral tubuh menonjol ke depan bagian yang lain. Hal ini dapat menyebabkan memburuknya osteoarthritis, yang akhirnya menyebabkan sakit pinggang.

Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya sakit pinggang, Semoga dengan adanya informasi yang kami berikan, bisa membantu Anda untuk lebih memahami tentang sakit pinggang. Semoga informasi dari kami bermanfaat untuk Anda.
Baca Juga: Obat Sakit Pinggang Di Apotik

Posted by: Aku Ingin Sehat

No comments:

Post a Comment